Jajanan Selama Pandemi

Ada dua jenis jajanan yang mengisi hari-hari selama pandemi ini, yang pertama cilor maklor dan yang kedua baso aci, tapi bukan baso aci

Baso aci tapi bukan baso aci, mmkst???

Gue suka baso aci, tapi kurang suka baso aci instan. Kedengeran semakin nggak jelas? Tunggu dulu!

Di dalam paket baso aci instan biasanya selain baso aci itu ada toping:
– Cuanki lidah/tahu
– Somay mini kering
– Batagor
– Pilus cikur + bumbu kaldu dan bubuk cabai

Para toping selain baso aci gue campur dengan base tteokpoki alias garaetteok sebagai pengganti si baso aci. Tekstur dari tepung beras di garaetteok agak lebih kencang, nggak sekenyal tepung sagu di baso aci

Kalo baso aci di warung makan itu rasanya fresh tapi entah kenapa setiap beli di online shop dan coba masak di rumah beberapa merek itu tetep ada yang kurang, beda dari beli di warung

Ya walaupun gue yakin, baso aci disana juga pasti frozen dari distributor, tapi entah karena mereka rebusnya di panci besar jadi lebih mantap atau gimana

Baso Tteok

Ditambah minyak wijen dan daun bawang biar lebih harum, saus untuk bikin warna lebih merah

Finished

Foto bahan-bahan sama hasil masakan dibuat di hari yang beda, jadi di atas nggak ada jamur di bawah ada dan di atas ada sosis padahal di bawah nggak ada sosis 😀

Syukurnya ada yang jual toping only, harga toping baso aci yang di plastik itu terjangkau banget menurut gue, cuma 3.500 aja. Kalo dirasa kurang bisa pake dua bungkus kali ya, tapi satu bungkus pun menurut gue udah sama porsinya kayak yang ada di warung baso aci

Sejak pandemi ini udah nggak kehitung berapa kali masak baso tteok ini, udah jadi semacam hobi baru

Lanjut ke makanan yang pertama tapi dibahas di nomor dua 😂

Cilor dan maklor, pengen banget beli makanan ini di penjualnya langsung, tapi ajaibnya ini jajanan selalu ramai di deket rumah. Mau lagi pandemi sekalipun tetep antre dong yang beli

Karena keadaan ini akhirnya yang bikin gue cari thread cilor di Twitter dan mulai coba bikin sendiri di rumah

Ci
Mak

Kalo ci-nya sendiri gue bikin berbekal thread di Twitter, sementara makaroni itu beli yang kemasan. Makaroni yang gue pakai itu sebetulnya untuk kerupuk makaroni, jadi warnanya agak sedikit coklat

Ci+lor
Mak+lor


Setelah matang taburi bumbu terus kita orak-arik pakai sendok

Cilor Maklor

Gue jadi mau cerita, pertama kali gue beli cilor itu di Stasiun Pasar Minggu, yang deket palang kereta super macet itu setelah pulang kuliah. Dalam hati gue ilfeel parah pas liat abangnya masak, “ini kok makanannya diaduk-aduk di gelas gitu sih? Kan jadi tidak aesthetic!” Maklum, gue penganut bubur ayam tidak diaduk garis keras 😛

Karena waktu itu gue take away, ya kali dine in. Memang ada meja kursi di pinggir jalan kereta?

Sampai rumah gue niat panasin dong, tapi karena ilfeel liat bentuknya gue campur sama telor dadar gitu biar berbentuk lagi 😂

Besoknya cobain deh yang deket rumah, penasaran, apa beda apa sama. Ternyata sama aja, DUH!

Akhirnya gue request, “bang, jangan diaduk ya”

Terus abangnya kayak memandang gue seolah bilang, “hah, yang boneng lo?”

Ya akhirnya nggak diaduk lah itu cilor, abangnya tersenyum samar yang sulit kuartikan waktu itu

Beli ketiga kali lupa, terlanjur diaduk. Yaudah sampai sekarang gue jadi penganut cilor diaduk 🙃

Warnanya cilornya agak serem ya, efek flash dan bumbu rasa balado. Sebetulnya gue sempet foto bahan-bahan lengkap untuk makanan ini, tapi tiba-tiba saja fotonya hilang 😦

Buat mengobati rasa keciwi foto hilang yaudah besoknya bikin cimol

Cimol

Kunci goreng cimol supaya nggak meledak itu ada di minyak, masukin adonan cimol ke wajan berisi minyak yang masih dingin, setelah masuk semua baru nyalain kompor dengan api kecil, tunggu sampai terasa keras pada permukaan cimol, angkat. Itu dia cara biar cimol kita nggak meledak (udah kayak orang bener aja, ngasih tips segala) Maapkan kesok tauanku

Kalian sejak pandemi ini jadi suka bikin jajanan apa di rumah? Kalo gue itu di atas, nanti kita update lagi ya. Kalo nggak mager 😛

I love Aci ❤️

19/06/20

4 pemikiran pada “Jajanan Selama Pandemi

Tinggalkan komentar